LEMBAR
KERJA SISWA
MEMPELAJARI
PERSILANGAN MONOHIBRID
DOMINAN
DAN INTERMEDIATE
Nama Kelompok
:
.........................................................................................
Nama Siswa
:
.........................................................................................
Kelas
:
.........................................................................................
Tujuan
1.
Memahami sifat dominan dan resesif
2. Membuktikan Hukum Mendel I (Hukum Segregasi)
atau pemisahan secara bebas
Pengantar
Gen adalah faktor pembawa sifat yang membawa
informasi dari orang tua kepada keturunannya. Salah satu gen yang akan dibahas
dalam kegiatan ini adalah gen pembawa sifat tekstur rambut pada manusia yaitu :
gen lurus dan gen keriting. Diantara kedua gen ini ada yang bersifat dominan
(mengalahkan), dan ada yang bersifat resesif (dikalahkan).
Alat
dan Bahan
1. Foto
keluarga
2. Kancing
genetika warna merah dan putih masing-masing 12 buah (6 pasang)
3. Stoples
/ Gelas 2 buah sebagai wadah.
Langkah
kerja Kegiatan I
1.
Amatilah foto keluargamu!. Amati tekstur rambut pada
masing-masing anggota keluarga, lalu isi kolom bagan perkawinan di bawah ini
dengan lambang genotif: “A” untuk lurus dan “a” untuk keriting.
No.
|
Obyek
/ Subyek yang diamati
|
Jenis Rambut
|
||
Lurus
|
Ikal
|
Keriting
|
||
1.
|
Kakek
|
|
|
|
2.
|
Nenek
|
|
|
|
3.
|
Kakek
|
|
|
|
4.
|
Nenek
|
|
|
|
5.
|
Bapak
|
|
|
|
6.
|
Ibu
|
|
|
|
7.
|
Saya
|
|
|
|
8.
|
Kakak
|
|
|
|
9.
|
Adik
|
|
|
|
1. Amati bagan perkawinan yang telah kamu isi
tersebut, lalu bandingkan dengan bagan
kelompok lain!
2. Jawablah
pertanyaan di bawah ini!
a. Jika keriting menikah dengan keriting, apakah dapat menghasilkan anak dengan rambut
a. Jika keriting menikah dengan keriting, apakah dapat menghasilkan anak dengan rambut
lurus?
b. Jika lurus menikah dengan lurus, apakah dapat menghasilkan anak
dengan rambut keriting?
- Jika lurus menikah dengan keriting atau sebaliknya, bagaimana hasilnya?
4. Berdasarkan
kegiatan ini buatlah kesimpulan mengenai sifat rambut pada manusia!
(yang mana dominan dan yang mana resesif)
Langkah
Kerja Kegiatan II
1. Siapkan
12 buah kancing genetika warna merah (dilambangkan dengan “M”), kemudian
letakkan pada kotak A.
2. Siapkan
12 buah kancing genetika warna putih (dilambangkan dengan “m”), kemudian
letakkan pada kotak B.
3. Ambil
satu kancing dari kotak A dan satu kancing dari kotak B, kemudian pasangkan.
Lakukan hal ini pada kancing
lainnya secara berulang sampai seluruh kancing
berpasangan.
4. Apakah
sekarang seluruh kancing sudah berpasangan merah-putih?
5. Masukan
6 pasang kancing merah-putih itu pada kotak A, dan 6 pasang yang lain pada
kotak B.
6. Lepaslah
semua kancing dari pasangannya
7. Setelah
semua kancing terlepas, ambilah satu kancing dari kotak A dan satu kancing dari
kotakB. Lakukan pengambilan
ini secara berulang tanpa melihat isi kotak A dan B. Catat
hasilnya pada tabel berikut ini!
Pengambilan
ke-
|
Warna
Kancing yang Terambil
|
Lambang
Genotipe
|
1
|
||
2
|
||
3
|
||
4
|
||
5
|
||
6
|
||
7
|
||
8
|
||
9
|
||
10
|
||
11
|
||
12
|
Jika ‘M’ bersifat dominan yang menentukan sifat fenotipe ‘rambut
lurus’ , sedangkan ‘m’ bersifat resesif yang menentukan sifat fenotipe
‘rambut keriting’, Buatlah bagan perkawinannya!
P1
: ……. X ………..
Apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan
ini?
Gamet P1
:
X
F1
: ………….
X ……………
P2
: ……….. X
……………..
Gamet P2 : ………….
X ……………
F2 :
…………… X ……………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar