Siswa akan Gembira berinteraksi dengan guru
Kreatif
1. Apa
sih yang dinamakan kreatifitas dalam diri seorang guru?
Kreativitas
dalam diri seorang guru terbentang dari kreatif dalam mengajar, kendalikan
perilaku siswa sampai berkomunikasi dengan orang tua siswa. Guru yang kreatif
terkadang malah tidak merasa dirinya ‘kreatif’ yang ada ia dalam keseharian
selalu merasa ‘haus’ untuk yang terbaik. Cara terbaik merasakan diri
kreativitas dalam diri Anda adalah jika siswa senang, sibuk, dan fokus saat
Anda mengajar. Ciri lainnya siswa katakan “yaaaa…???”
saat Anda mengakhiri pembelajaran, tanda sebenarnya mereka masih enjoy
belajar. Kreatif membutuhkan antusiasme & guru menempatkan diri dalam diri
siswa.
2. Bagaimana seorang guru dapat menularkan kreatifitas pada
siswanya tanpa keluar dari proses belajar mengajar?
Siswa bisa kreatif di kelas jika gurunya
pandai memandu lewat pertanyaan-pertanyaan, bahkan jika siswa menjawab keluar
dari ‘rel’. Semua siswa pada dasarnya kreatif itulah mind set
guru kreatif. Semua siswa kreatif sesuai dengan gaya belajarnya, tugas guru
memberikan ‘panggung’ untuk setiap tipe ‘kecerdasan’. Jika murid malah
kreatif di luar sekolah, tanda bahwa guru dan sekolah mesti berubah. Siswa
kreatif itu ribut di kelas sedangkan siswa yang ribut terus di kelas itu
pertanda karena gurunya kurang kreatif. Kelas yang baik adalah siswa di
dalamnya senang belajar, gembira berinteraksi dengan guru yang menerima
ia apa adanya.
3. Apa
indikasi yang bisa dipakai untuk mengukur kreatifitas guru?
Indikasi kreativitas guru adalah setiap
bangun pagi hatinya senang karena tahu hari ini mesti melakukan apa. Setiap
saat di kelas adalah waktu yang berharga, guru memulai kelas tepat waktu. Guru
selalu berbaik sangka pada siswa, panjang ‘urat sabar’nya.
4. Piye
carane supaya bocah kui nurut lan seneng?
Kreativitas di kelas lahir dari guru yang
pandai membatasi siswanya tanpa siswa sadar. Guru yang pandai berinovasi
sudah pasti kreatif, ia membiarkan sifat ‘bermain’ dalam dirinya. Ukuran
kreatif tiap guru berbeda, namun ukuran kreatif bagi siswa sama, ia muncul lewat
senyum dan kegairahan saat belajar.
5. Terus piye jal supaya guru
menjadi lebih kreatif?
Saat ingin jadi kreatif, seorang guru mesti sadar betul
bahwa waktu adalah halangan sekaligus energi terbesar.
Guru
yang ada di pedesaan justru lebih terbuka kesempatan jd lebih kreatif. Guru di
perkotaan, semua tersedia, keterlaluan kalau masih andalkan LKS dan buku paket.
Guru di sekolah pedesaan kreatif karena cinta pada siswanya, guru di sekolah
Kota yg semua serba ada termasuk Dhuwit??? jika tidak kreatif yo ngawur jenenge……Ha
ha haa…
.
Anak yang pasif ada di mana saja, bisa mulai dengan grupkan ia dengan anak yang
aktif, sambil terus dipantau.
Sebenarnya kesukaan siswa di mana saja
sama, coba buat angket/survey kecil-kecilan mereka maunya bagaimana.
Bagaimana cara mendapatkan ide-ide
pembelajaran kreatif? Jadi guru kreatif gak mudah kan? Bagaimana proses untuk
bisa jadi guru kreatif?
Ide guru kreatif datang dari mana saja,
karena itu ia senang mencatat, ia senang bertanya & memperhatikan.
Selamat Mencoba!!!.........
Sopasi lebih baik outpunya
BalasHapusYo mugo2 wae.... sedikit demi sedikit asal telaten, tak berhenti bertindak dan berusaha berubah Insyaallah.... ada jalan.
HapusAkan lebih baik outputnya
BalasHapusYo pak.... yang penting tak pernah berhenti berharap......
BalasHapus