RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri
2 Kepil
Tema/Mata Pelajaran :
Perubahan Benda-benda
disekitar kita / IPA
Kelas/Semester : VII / I
Waktu : 1 x pertemuan (40 menit)
Hari :
Sub Tema : Perubahan Fisika
I.
Kompetensi Inti
KI.
|
1
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI.
|
2
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
KI.
|
3
|
Memahami
pengatahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, terkait fenomena dan kejadian
tampak mata tentang perubahan fisika.
|
KI.
|
4
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis,membaca,menghitung,menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
II.
Kompetensi Dasar
KD.
1.1
|
Mengagumi
keteraturan dalam kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik, kehidupan
dalam ekosistem dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya
dalam pengalaman ajaran agama yang dianutnya.
|
KD.
2.1
|
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, bertanggung jawab dan peduli
lingkungan), dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi, sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
|
KD.
2.2
|
Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
|
KD.
3.5
|
Memahami
karakteristik zat, serta perubahan fisika pada zat yang dapat di manfaatkan
untuk kehidupan sehari-hari .
|
KD.
4.7
|
Melakukan
penyelidikan untuk menentukan sifat larutan yang ada di lingkungan sekitar
menggunakan indikator buatan maupun alami.
|
III.
Indikator
1.
Pengetahuan
a.
Siswa dapat menjelaskan pengertian
perubahan fisika
b.
Siswa dapat menyebutkan beberapa
contoh perubahan fisika dalam kehidupan sehari - hari
2.
Ketrampilan
a.
Siswa dapat melakukan percobaan
tentang perubahan fisika
b.
Siswa dapat menyajikan hasil
pengamatan tentang perubahan fisika
3.
Sikap
Siswa dapat mengkomunikasikan hasil
pengamatan tentang perubahan fisika
IV.
Tujuan Pembelajaran
1. Pengetahuan
a.
Siswa dapat menjelaskan pengertian
perubahan fisika
b.
Siswa dapat menyebutkan beberapa
contoh perubahan fisika dalam kehidupan sehari - hari
2. Ketrampilan
a.
Siswa dapat melakukan percobaan
tentang perubahan fisika
b.
Siswa dapat menyajikan hasil
pengamatan tentang perubahan fisika
c.
Siswa dapat mengkomunikasikan
hasil pengamatan tentang perubahan fisika
V.
Materi Pembelajaran
Perubahan Fisika adalah perubahan yang tidak
disertai dengan terbentuknya zat baru. Komposisi materi tidk akan berubah-ubah.
Contoh perubahan fisika antara lain :
1.
Menguap
2.
Mengembun
3.
Mencair
4.
Membeku
5.
Menyublim
6.
Melarut
7.
Perubahan bentuk
(materi
selengkapnya dalam lampiran)
VI.
Sumber Belajar
1.
Buku Guru
2.
Buku Siswa
3.
Sumber lain yang relevan
(internet)
4.
Media : benda di linmgkungan sekitar
5.
Alat : Gunting, sendok dan gelas
6.
Bahan : Kertas, karet gelang, gula, garam, air dan plastisin
VII.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : scientific
2. Metode : diskusi
informasi dan eksperimen
3. Model :
Discovery learning
VIII. Langkah – langkah Pembelajaran
Fase
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Orientasi
Pemusatan
perhatian : Guru mengenalkan benda-benda disekitar
|
5 menit
|
b. Memotivasi
Guru mengajukan pertanyaan : “pernahkah kalian melihat perlu bahan
pada benda?”
|
||
c. Apersepsi
Peserta didik memberi jawaban atas pertanyaan guru.
d.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
||
Fase
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Kegiatan Inti
|
Guru
membagi peserta menjadi 3 kelompok kemudian membagi LKS, alat dan bahan untuk praktikum.
|
25 menit
|
a.
Mengamati
|
Siswa
mengamati alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum
|
|
b.
Menanya
|
Peserta
didik menanyakan hal-hal yang belum dipahami dalam LKS
|
|
c.
Menalar
|
Peserta
didik memperkirakan hasil dari eksperimen terjadinya perubahan fisika
|
|
d.
Mencoba
|
Peserta
didik melakukan percobaan tentang perubahan fisika sesuai prosedur yang ada
pada LKS dan mencatat pada LKS
|
|
e.
Membentuk jaringan
|
§ Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatan dengan anggota
kelompoknya.
§ Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
|
|
Penutup
|
a. Simpulan
Guru
beserta peserta didik mereview kegiatan yang telah dilakukan
|
10 menit
|
b. Refleksi
Menyamakan
persepsi antara guru dan peserta didik dari kegiatan yang dilakukan
|
||
c. Evaluasi/Penugasan
Pemberian
tugas tentang perubahan fisika
|
||
d. Usaha tindak lanjut
Guru
memberi tugas kepada peserta didik untuk mencari informasi yang berkaitan
dengan perubahan fisika di internet.
|
IX. Penilaian (Instrumen penilaian terlampir)
1.
Penilaian sikap : lembar
penilaian sikap (lampiran 1)
2.
Penilaian Pengetahuan : Tes tertulis
(lampiran 2)
3.
Penilaian Ketrampilan : lembar observasi penilaian
kerja (lampiran 3)
Kepil , Juli 2016
Mengetahui
Kepala Sekolah SMP
Negeri 4 Kepil Guru
Mata Pelajaran IPA
SUBARYONO, S.Pd.MM.Pd. Drs. KARDAN
NIP. 196509011997021001 NIP.
196509011997021001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar